Penyebab Kipas Radiator Jupiter MX Sering Menyala
FZMotovlog - Di grup-grup otomotif facebook misalnya, banyak yang menanyakan kenapa ini kipas radiator saya cepat nyala, kipas radiator ane kok cepat nyala ya gan?, normal gak bro jalan belum jauh-jauh amat ni kipas radiator udah nyala aja?, dan sebagainya.
Sebenarnya masalah ini ada dua, satu kipas cepat nyala, satunya lagi gak nyala-nyala sama sekali hahaha (maaf ketawa :v).
Kipas yang cepat menyala dari biasanya selalu thermostat rusak yang jadi kambing hitam, padahal, belum tentu kambingnya warna hitam, bisa saja warna coklat atau putih. Walaupun bisa jadi memang kambingnya warna hitam dan thermostatnya juga rusak (awokeawekowkaow :v).
(On the spot style) Dan berikut, beberapa penyebab kipas radiator sering menyala yang sudah fz rangkum dalam 6 hal, apa saja? saksikan selengkapnya..
nb : gambarnya punya vixion, secara sistem radiator sama saja, apalagi yang mx king :v
- Penggunaan cover radiator yang terlalu rapat
Yaps, penggunaan cover radiator perlu untuk melindungi kisi-kisi radiator yang gampang banget bengkok kalau kena benda asing, macam batu misalnya. Jika kisi-kisi radiator bengkok maka aliran udara jadi terganggu.
Ya tapi jangan dilupain juga kalau cover yang ditugaskan pemilik buat ngejagain si kisi-kisi imut ini jangan terlalu milub (minim lubang :v). Jadi sama aja kayak kisi-kisinya bengkok, anginnya susah lewat, malah lebih parah.
Efek negatifnya banyak kalau cover terlalu milub, salah satunya kipas radiator cepat nyala karena mesin kepanasan. Efek lainnya? kipas radiator meleleh, kisi-kisi radiator bisa gosong dan mesin cepat
panas.
- Pengaruh suhu di lingkungan sekitar
Kalau ini pasti semua rider ngerasain perbedaan riding saat cuaca panas gimana, cuaca dingin atau pas lagi hujan atau malam rasa motornya gimana. Walau gak semua, kalau cuaca lagi panas terasa mesin kayak kasar gitu.
Sebaliknya pas lagi kena cuaca dingin mesin terasa lembut dan tarikannya juga enak. Trus kipas radiatornya? pasti bakal terpengaruh gimana suhu mesinnya.
Kalau socket ini lepas atau kendor sih kayaknya jarang aja ya, tapi siapa tau mungkin ada yang usil kan? eh takutnya kabelnya putus :v
Yaps.. jika socket lepas, begitu mesin menyala kipas radiator juga langsung nyala, wah ngeri kan? belum apa-apa udah nyala :v
Lanjut, thermostat jika rusak, mesin akan cepat mencapai suhu kerja, jika sudah sampai suhu kerja, maka air harus bersirkulasi ke radiator. Namun apa daya bubur telah menjadi nasi, thermostatnya macet :v. Akibatnya? mesin cepat panas kipas radiator juga cepat nyala walaupun baru jalan beberapa ratus meter.
- Penggunaan oli mesin yang kurang tepat
Kurang tepat maksudnya kekentalannya yang tidak sesuai spesifikasi mesin, misal biasanya mesin minumannya 10w-40 di kasih yang lebih kental dari itu. Efeknya kinerja mesin jadi berat auto mesin cepat panas kipas juga ikutan nyala.
Pada oli yang sesuai standar, oli juga berperan sebagai pendingin mesin. Nah kalau makai yang lebih encer, ditakutkan ketahanan oli kurang terhadap panas. Efeknya kinerja mesin jadi berat auto mesin cepat panas kipas juga ikutan nyala juga. Boleh pakai oli merk lain, tapi sesuaikan dengan kode standar mesinnya.
Follow akun instagram fzmotovlog di @_fzmotovlog.. Thankyou..
1 komentar:
Click here for komentarjika lampu indikator tetep menyala setelah di cek kipas dan thermosat sensor masih bekerja tapi si lampu indikator tetap menyala itu kenapa yaa gan?
kalau dari oli saya biasa pake enduro racing yg baunya permen karet.
oiya air radiator juga cepet habis, mekanik dari yamaha sendiri juga binggung hehehe.
biasanya kalau lampu indikator menyala tenaga mesin yg saya rasakan sedikit berkurang powernya
Titip Jejak Di Bawah Ea Bang.. ConversionConversion EmoticonEmoticon