Cara Mengatasi Mobil Matic yang Tidak Bisa Distarter

Beberapa Cara Mudah Mengatasi Mobil Matic yang Tidak Bisa Distarter


FZMotovlog - Cara Mengatasi Mobil Matic yang Tidak Bisa Distarter - Yang terbayang dipikiran seorang driver mobil matic jika tiba-tiba mobilnya tidak bisa distarter disaat yang tidak tepat ialah membakar mobil tersebut. 

Yaps, karena menyalakan mobil matic dengan cara didorong sampai ke Jepang pun, mobil tentu tidak akan menyala, luar biasa bukan.?  Okelah langsung saja fz bagi dua permasalahan mobil matic tidak bisa distarter. Yaitu karena masalah aki dan mati total.


Tidak bisa distarter akibat aki soak

Tentu tidak jauh-jauh dari aki, coba periksa dulu apakah kabel di terminal aki tidak longgar. Jika longgar segera kencangkan bautnya, tapi hati-hati jangan sampai dol. Jika sudah, coba untuk menstarter mobil lagi. Jika masih tidak hidup, sudah pasti aki mobilnya rusak. Cara satu-satunya ialah dengan menjumper aki dengan aki mobil lain.
Namun menjumper harus ada syaratnya. Soaknya aki terjadi baru saja, bukan mobil yang lama tidak dipakai. Karena jika mobil lama tidak dipakai dijumper dengan pesawat ulang-alik pun mobil tidak akan menyala. Cara terbaiknya dengan mengganti aki baru.

Tidak bisa distarter akibat mati total

Mati total dimana pada kondisi ini mobil tidak menunjukkan respon apapun saat dilakukan proses starter. Untuk mengatasinya, coba lakukan pemeriksaan seperti berikut.

1. Periksa kabel positif dan negatif yang terhubung di aki
Tujuannya untuk memastikan jika kabel aki baik-baik saja, perhatikan juga kepala kabel aki yang terhubung ke terminal aki apakah longgar atau tidak. Tapi sebelumnya, periksa juga tegangan aki untuk memastikan aki tidak soak.
Selanjutnya periksa masing-masing kabel aki untuk memastikan kabel tidak putus dan terhubung ke starter dan ground/body.

2. Periksa sekring
Selanjutnya, coba periksa sekring utama mobil untuk memastikan sekring tidak putus. Sekring utama biasanya ada di kabel positif aki atau di kotak sekring mobil. Jika sekring putus segera ganti.

3. Periksa relay starter
Lanjut lagi, coba dengan memeriksa relay starter. Letaknya ada di dalam atau di luar sekitar kotak sekring. Relay yang putus juga dapat menjadi penyebab mobil tidak dapat distarter. Untuk memastikannya coba tukar dengan relay yang spesifikasinya sama. Lalu start,jJika tidak terjadi apa-apa, lanjut ke langkah berikutnya.

4. Periksa kabel switch dinamo starter
Kabel ini hanya ada satu yang menuju ke dinamo starter. Caranya starter mobil dan gesek ujung kabelnya ke ground massa/body. Jika terjadi percikan api berarti ada yang salah dengan starter, jika tidak ada percikan api, coba cek lagi kabel-kabel sistem starter.

Solusinya :
  • Jika dinamo starter rusak, bawa mobil, buka dinamo starter atau panggil mekanik yang berpengalaman di starter
  • Jika tidak paham bagaimana sistem starter, lebih baik langsung panggil mekanik terpercaya
  • Jika aki hanya soak, coba untuk menjumpernya dengan mobil lain, jika mobil tidak kunjung menyala, ganti aki baru
  • Jika sekring, kabel dan relay starter putus, ganti dengan yang baru dan sesuai spesifikasinya
Yapp, itu dia dari fz tentang cara mengatasi mobil matic yang tidak bisa menyala saat distarter. Intinya, selalu cek kondisi aki secara rutin agar aki tetap dalam kondisi prima. Oke, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
chintia lim
admin
11 Desember 2018 pukul 18.16 × Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
4 Juli 2020 pukul 02.02 × Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
lane hemings
admin
5 Juli 2020 pukul 11.21 × Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar

Titip Jejak Di Bawah Ea Bang.. ConversionConversion EmoticonEmoticon