
Nah, jika rantai kamprat, rantai keteng, rantai api, chain cam ini terlalu kencang atau terlalu kendor, maka akan tibul masalah di komponen-komponen mesin seperti berikut.
Jika Rantai Kamprat Terlalu Kencang
- Mesin susah dinyalakan
- Jika sudah menyala, mesin tidak bisa stationer dan mati jika handle gas dilepas
- Putaran mesin terasa berat karena kruk as bekerja keras memutar noken as
- Pada saat dalam kecepatan tinggi, terdengaru suara mesin yang "mengaung"
- Mesin jadi cepat panas
- Gigi kruk as dan noken as cepat aus
- Rantai kampratnya sendiri cepat kendor
- Tensioner kamprat cepat aus
- Noken as dan dudukannya cepat aus
Jika Rantai Kamprat Terlalu Kendor
- Valve dan Piston dapat bertabrakan akibat putaran kruk as ke noken as lambat
- Mesin sulit untuk dinyalakan
- Timbul suara dari mesin seperti "tik, tik, tik"
- Pada saat dalam kecepatan tinggi mesin tersendat-sendat
- Pitaran mesin tidak bisa stationer hingga jika handle gas dilepas mesin akan mati
Yaps itu dia Akibat Fatal jika Rantai Kamprat yang Terlalu Kencang/Kendor yang dapat membuat kinerja mesin menjadi terhambat. Untuk itu selalu perhatikan keadaan mesin selalu dalam kondisi prima.
Titip Jejak Di Bawah Ea Bang.. ConversionConversion EmoticonEmoticon