Sumber Gambar : aripitstop.com |
Kita lihat dulu apakah peristiwa tidak menyalanya kipas radiator ini disebabkan oleh kerusakan komponen atau kerusakan yang disebabkan oleh perasaan ridernya saja. Ah kok bisa?
Tentu kita harus tau dulu perbedaan antara kipas konvensional (biasanya di mobil, itu yang nyala terus biar mesin baru hidup karena diputar pakai fan belt) dengan kipas elektrik. Yaps, berbeda dengan kipas konvensional, kipas elektrik ini agak cuekan orangnya.
Panggil aja KIPEL ( KIPas ELektrik wkwk). Kipel ini baru akan menyala ketika dikasih tau sensor kalo tuh si mesin mulai kepanasan, muter dah tuh kipel. Kesimpulannya? Kipel baru nyala kalau suhu mesin mulai meningkat. Oke lanjut.
Setelah paham perbedaannya sekarang kembali ke permasalahan antara kita dan si kipel. Tadi fz bilang ada 2 kerusakan, yap kita bahas dari yang ringan dulu.
Kerusakan yang disebabkan oleh perasaan ridernya saja
Banyak fz perhatikan di grup sosial media banyak yang upload foto dengan caption "udah jalan puluhan kilo kipas radiator gak nyala om, kira-kira apa ya yang rusak?" yaps itu salah satunya.
Jadi gini bang, puluhan kilo motornya jalan trus kipas radiator gak nyala tapi mesin aman masih bisa ngacir? gimana ceritanya coba.?
Atau selama perjalanan tadi si kipas nyala aja cuma karena gak liat gimana mau tau kipasnya muter? pas berhenti trus ngeliat kipasnya diem. Nah mungkin dari situ timbullah pemikiran sederhana yang mengatakan "dari awal jalan sampai puluhan kilometer jauhnya motor jalan kipas gak nyala, hmm kayaknya rusak nih kipasnya". Inilah yang fz sebut kerusakan yang disebabkan oleh perasaan ridernya saja (hahaha :v)
Langsung saja fz simpulkan, jika kipas radiator tidak menyala padahal motor sudah jauh berjalan dan suhu mesin tetap dalam suhu kerjanya maka bisa dijamin jika kipas radiator dalam keadaan normal.
Namun, jika dalam jarak dekat atau sebagainya kipas radiator tidak menyala padahal mesin udah mau pecah saking panasnya berarti kipas radiator mungkin lupa berputar (wah emang bisa? :v) atau mengalami kerusakan di sistemnya. Coba cek beberapa komponennya seperti berikut.
Kerusakan komponen yang membuat kipas radiator tidak menyala
1. Kipas radiator yang meleleh
Sumber gambar : aripitstop.com |
2. Thermosensor rusak
Yaps.. thermosensor rusak tentu tidak dapat lagi mengatur dan mengirimkan sinyal ke ECU untuk memutar kipas radiator. Sebaiknya cek terlebih dahulu. Jika memang positif rusak maka ganti thermostat.
3. Ada kabel-kabel putus atau socket yang rusak
Kabel-kabel kipas radiator yang putus juga bisa jadi salah satu penyebab tidak berputarnya kipas radiator. Kalau socket sih bukannya gak muter, tapi muter terus malah. Jadi, periksa juga setiap komponen kipas radiator secara menyeluruh.
Sekian dulu tentang permasalahan kipas radiator yang tidak menyala. Jika menemukan komponen yang rusak segeralah menggantinya dengan part yang baru agar mencegah mesin motor mengalami over heating. Semoga bermanfaat dan keep safety riding. Oh iya satu lagi.. Punya Photo Vixion?
Yuk Ramein, Follow Dan Upload Photo Vixion Anda di Instagram Vixion Pict Collector
Dengan Tag atau Mention ke @vpcid dan Langsung VPC Reupload.. Langsung Follow ya sob..
5 komentar
Click here for komentarMantapzzzzzz
ReplyTambahin 1 lagi, ane pernah kejadian kipas radiator kaga muter abis ganti spakbor NVA dan indikator overheating muncul. Ternyata Relay assy nya ilang ama orang bengkel.
ReplyBang motor saya ini klo saya panas.n 5-10 mnit kok masih gak nyala kipasnya dan kmrin buat otw jawa-bali mesin masih dlm suhu normal menurut saya
ReplyTuh apakah masih oke bang ??
Ciri ciri relay radiator rusak kayak apa
ReplyTitip Jejak Di Bawah Ea Bang.. ConversionConversion EmoticonEmoticon