Cara Simpel Mengganti Kampas Rem Belakang Vixion


FZ Motovlog - Barangkali, untuk sebagian orang umumnya, mengganti kanvas rem belakang yang sudah aus adalah perkara mudah. Ilustrasi sederhananya, persiapkan uang ( yang memang sudah ada di dompet atau menarik dari mesin ATM ), melarikan sepeda motor ke bengkel terdekat, menunggu sebentar, bayar, selesai...!

Tapi, untuk sebagian kecil orang sisanya, mencoba mengganti sendiri adalah hal yang patut di pertimbangkan, setidaknya biar lebih ekonomis, biar belajar jadi montir dadakan, biar lebih dekat dengan kuda besinya sendiri. Bila punya waktu luang, tentunya...?

Tak berlama-lama, tak harus melepas as roda, tak harus melepas ban belakang, posisikan sepeda motor di tempat yang rata, segera lakukan : 

1. Pembongkaran

- Lepaskan cover baut L dan membuka baut L dengan kunci L5. ( perhatikan gambar )


Tarik kanvas rem yang di sebelah kiri sambil memutar roda kebelakang agar memudahkan penarikan /melepas kanvas.

Untuk kanvas rem yang di sebelah kanan, tekan kanvas agar mendorong piston ke arah dalam ( rumah piston ). Hal ini bertujuan agar kanvas rem mudah ditarik/di lepas keluar. 

2. Pemasangan

- Setelah kedua kanvas rem yang sudah aus di lepas, maka proses pemasangan bisa segera dilakukan dengan urutan kebalikan proses membongkar tadi. Tapi jangan lupa memberikan pelumasan di kedua ujung kanvas baru yang akan di pasang. Perlu diperhatikan, posisi cover penutup baut L jangan sampai terbalik.


NB : Jika tidak tersedia obeng min pendek, gunakan alat lain yang dapat membuka/melepas tutup/cover baut L tersebut.

Dan selesai, semoga tips ini bermanfaat.. Salam Motovloger !
Previous
Next Post »

Titip Jejak Di Bawah Ea Bang.. ConversionConversion EmoticonEmoticon